KASDAM II/SRIWIJAYA IKUTI RAPAT PARIPURNA TMMD KE-41 TA 2020 MELALUI VIDCON

Palembang, (Pendam II/Sriwijaya).
Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni didampingi Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj,  para Dandim sebagai Dansatgas TMMD TA 2020,  para Ketua DPRD, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota Prov. Sumsel, para Bupati Kabupaten/Kota dan Walikota penyelenggara TMMD TA 2020 wilayah Sumbagsel, mengikuti Video Teleconfence (Vidcon) Rapat Paripurna (Rapurna) TMMD Ke-41 TA 2020, Senin (30/11/2020) bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jl. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.
_Kegiatan Rapurna TMMD Ke-41 TA 2020, dengan tema, “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, yang di gelar TNI Angkatan Darat ini dipimpin oleh Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Nurchahyanto selaku Pati Bidang PJO TMMD didampingi dari Kementerian dan Lembaga terkait lainnya, langsung dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Senin (30/11/2020).
Aster Kasad Mayjen TNI Nurchahyanto
dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kehadiran program TMMD di tengah masyarakat bukan sekedar pembangunan fisik semata, bukan juga sekedar menambah sarana dan prasarana desa, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah terbangunnya semangat gotong royong, semangat kebersamaan untuk membangun desa dan sebagai basis ketahanan Nasional serta terjalinnya komunikasi yang baik antara TNI, Polri, Kementerian dan lembaga Pemerintahan non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen sangsa ikut memberikan solusi Pembangunan Daerah khususnya di daerah terpencil serta terkena dampak bencana alam.
”Kehadiran kita di tengah masyarakat harus dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya membangun Ketahanan Nasional yang dimulai dari wilayah, utamanya dalam dalam menghadapi berbagai ancaman, diantaranya Narkoba, Terorisme dan Radikalisme yang saat ini sudah masuk ke semua lini kehidupan masyarakat”, ujarnya.
Mayjen TNI Nurchahyanto juga menjelaskan bahwa, hasil laporan dari pengawasan dan evaluasi secara umum penyelenggaraan TMMD Ke-107, 108 dan 109 TA 2020 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan adanya permasalahan yang perlu mendapat perhatian bersama, diantaranya adalah perubahan dukungan anggaran dari Pemda Kab/Kota dari yang telah direncanakan sebelumnya justru berubah pada saat mendekati pelaksanaan kegiatan dan perubahan.
”Ini tentunya berdampak pada perubahan secara fisik sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya, selain itu juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas sasaran.  Berkaitan  hal tersebut saya berharap para Dansatgas agar lebih aktif melaksanakan koordinasi yang baik sehingga tidak lagi terjadi perubahan susunan anggaran yang telah ditetapkan”, jelasnya.
Ia juga menuturkan, keberadaan dan pelibatan masyarakat pada kegiatan fisik maupun non fisik , namun hal ini dapat diatasi dengan cara menyiapkan tempat tersendiri untuk ditempati para peserta dengan menggunakan Protkes dan Physical Distancing bagi prajurit serta masyarakat yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.
Selain penyampaian evaluasi hasil pelaksanaan TMMD TA. 2020 dan penyampaian Rencana Umum TMMD TA. 2021 dan Sinergitas dengan Kementerian/LPNK oleh Sekretaris PJO TMMD, Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.Sos. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah lomba Karya Jurnalistik TMMD TA 2020 untuk kategori Kapendam, Dansatgas TMMD serta Wartawan Media Elektronik dan media Cetak/Online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *